must to remember:

Sejarah hanya mampu mencatat orang-orang yang menyisakan jejak dalam hidupnya. Bergeraklah...

Sabtu, 02 Mei 2009

Who’s the Nursing?



1. Nursing is caring. Artinya perawat harus berperan dalam pemberian asuhan keperawatan. Perawatan harus memperhatikan bahwa dalam pemberian asuhan keperawatan tidak dikenal pasien atau kasus pribadi. Semua pasien diperlakukan sama.
2. Nursing is sharing. Artinya dalam pemberian asuhan keperawatan, perawat selalu melakukan sharing atau diskusi antara sesama perawat, kepada anggota tim kesehatan lainnya dan kepada klien.
3. Nursing is laughing. Artinya, perawat meyakini bahwa senyum merupakan suatu kiat dalam asuhan keperawatan untuk meningkatkan rasa nyaman klien.
4. Nursing is crying. Artinya, perawat menerima respon emosional dari perawat atau orang lain sebagai suatu hal yang biasa pada situasi senang atau duka.
5. Nursing is touching. Artinya, perawat dapat menggunakan sentuhan untuk meningkatkan rasa nyaman, pada saat melakukan massage, atau misalnya menyentuh pasien ketika mengatakan saya memahami apa yang akan dilakukan untuk menolong anda.
6. Nursing is helping. Bermakna bahwa asuhan keperawatan dilakukan untuk menolong klien dengan sepenuhnya memahami kondisinya.
7. Nursing is believing in others. Artinya, perawat meyakini bahwa orang lain memiliki hasrat dan kemampuan untuk meningkatkan status kesehatannya.
8. Nursing is trusting. Artinya, perawat harus menjaga kepercayaan orang lain (klien) yaitu denan menjaga mutu asuhan keperawatan.
9. Nursing is believing in self. Artinya, perawat yakin dirinya memiliki pengetahuan dan mampu untuk menolong orang lain dalam memelihara kesehatannya.
10. Nursing is learning. Artinya, perawat selalu belajar atau mengembangkan pengetahuan dan keterampilan keperawatan profsional melalui asuhan keperawatan yang dilakukan.
11. Nursing is respecting. Artinya, perawat memperlihatkan rasa hormat dan penghargaan kepada orang lain (klien dan keluarganya) dengan menjaga kepercayaan, dan rahasia klien.
12. Nursing is listening. Artinya, perawat harus mau menjadi pendengar yang baik ketika klien berbicara atau mengeluh.
13. Nursing is doing. Artinya, perawat melakukan pengkajian dan intervensi keperawatan berdasarkan pengetahuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta asuhan keperawatan secara komperehensif.
14. Nursing is feeling. Artinya, perawat dapat menerima, merasakan, dan memahami perasaan duka, senang, frustasi, dan rasa puas klien.
15. Nursing is accepting. Artinya, perawat harus menerima diri sendiri sebelum dapat menerima orang lain.

Tidak ada komentar: