must to remember:

Sejarah hanya mampu mencatat orang-orang yang menyisakan jejak dalam hidupnya. Bergeraklah...

Kamis, 14 Mei 2009

Tahu apa Anda tentang ‘amanah’?

Oleh: Yana Yan*)

Amanah, lagi-lagi tentang amanah. Hampir setiap kali rapat, syuro’, ataw apapun nama perkumpulan itu, di manapun,,, tak lepas dari tema tentang itu. Tentang amanah… tentang komitmen… tentang Loyalitas…semua mengumbarnya!
Tahu apa Anda tentang amanah?
Tentang semua yang berlabel tanggung jawab?! Begitu gampangnya lidah Anda mengungkap. Begitu ringannya mulut Anda mengurai kata itu. Pernahkah Anda-anda melemparkan wacana itu kepada diri Anda? Pernahkah hal itu Anda bedah untuk diri Anda sendiri? Pernahkah sesekali Anda pantulkan diri Anda dalam sebuah cermin lebar? Menemukan arti dari sebuah ‘amanah’ dalam diri Anda? Atau jangan-jangan Anda hanyalah golongan orang-orang yang dengan sangat lihainya menagih apa yang orang tak punya? Ataukah Anda tak lebih dari golongan orang-orang yang pandai mengumbar ini dan itu, sementara Anda pun tak punya, bahkan tak sanggup meraihnya?
Terlalu muak rasanya ketika diri ini selalu dijejaki orang-orang yang selalu memuntahkan kata itu. Terlampau sesak rasanya telinga ini mendengar orang-orang yang terus saja mengumbar dan meneriaki tentang arti dari sebuah ‘amanah’. Lantas, ketika saya bertanya: “Anda tahu apa tentang sebuah amanah?” Maka sanggupkah Anda-anda menjawab?!! Ketika saya meneriakkannya pada Anda-anda semua, apakah kalian bisa jawab?!!! Saya yakin, dan semua pasti tahu bahwa ‘amanah’, loyal, komitmen, atau apapun namanya, adalah hak bagi setiap orang untuk menuntutnya. Bukan hanya milik Anda!
Ahh,, hidup memang penuh tanda tanya!

*)Ketum FLP Unhas,
Mahasiswi Ners A’2007

Tidak ada komentar: